Kamis, 03 Juni 2010

Kisah Teladan 01 (Adab Kepada Orang Lain)

Adab Kepada Orang Lain


Imam al-Junaid al-Baghdadi bercerita, bahwa pada suatu hari, tepatnya hari Jum’at, sebagian orang-orang yang saleh datang kepadamya dan meminta dikirimkan salah seorang miskin untuk memberikan kebahagiaan dengan makan bersamanya.

Al-Junaid pun melihat-melihat orang di sekitarnya, siapa di antara mereka yang fakir dan kelihatan lapar. Si fakir itu pun lalu ditemukan.
“Pergilah bersama Syekh ini, berilah kebahagiaan kepadanya,” kata al-Junaid.

Tak lama kemudian, syekh itu kembali pada al-Junaid.
“Wahai Abu al-Qasim,” kata Syekh itu pada al-Junaid, “Si fakir itu hanya makan sesuap saja dan pergi meninggalkan engkau.”
“Barangkali Anda telah mengatakan semua yang tak berkenan di hatinya.”
“Aku tidak mengatakan apa-apa,” jawab syekh itu.

Al-Junaid menoleh, tiba-tiba si fakir itu sudah duduk di antara mereka.
“Mengapa engkau tidak memenuhi kegembiraannya?” tanya al-Junaid.
“Wahai Syekh, saya pergi pergi meninggalkan Kuffah menuju Baghdad tanpa makan sesuatu apa pun. Saya tidak ingin kelihatan tidak sopan di hadapan Anda karena kemiskinan saya, tetapi ketika Anda memanggil saya, saya gembira karena Anda mengetahui kebutuhan saya sebelum mengatakan apa-apa. Saya pun pergi kepadanya, sambil mendoakan akan kebahagaiaannya di surga. Ketika saya duduk di meja makannya ia menyuguhkan makanan, sambil berkata, “Makanlah ini, karena aku menyukainya dibanding sepuluh dirham. Ketika mendengar kata-katanya, tahulah saya bahwa cita rasanya rendah sekali. Karena itu saya tidak suka makan makanannya.”

“Bukankah aku telah mengatakan padamu, bahwa engkau tidak beradab jika membiarkannya tidak merasa bahagia?”
“Wahai Abu al-Qasim, saya bertobat.”

Al-Junaid lalu menyuruhnya agar kembali pada orang saleh yang memberi makan tadi, untuk sekadar menggembirakan hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar