BOM BUNUH DIRI DI PALESTINA
Kebrutalan Yahudi Israel memang luar biasa! Dan, dunia mengakuinya. Puluhan bahkan ratusan bom, roket dan tank dikerahkan untuk menghanguskan bumi para Nabi, Palestina. Hampir setiap hari.
Penduduk muslim Palestina tidak rela masjid, rumah sakit dan sarana sosial lainnya diluluhlantakkan oleh kaum terlaknat itu. Namun, mereka sadar akan keterbatasannya.
Akhirnya, seorang pemuda Palestina menyelinap di antara gerombolan orang-orang Israel. Tak lama kemudian, terjadilah ledakan hebat. Dan semuanya tewas. Ya, bom bunuh diri itu sering terjadi.
Pertanyaan:
-- Bagaimanakah Islam menyikapi aksi pemuda Palestina itu (bom bunuh diri)?
Jawaban:
-- Aksi bom bunuh diri yang sering dilakukan oleh kaum muslimin Palestina sebagai perlawanan atas kekejaman Yahudi Israel memperbolehkan, bahkan termasuk perbuatan yang sangat mulia apabila diyakini berdampak positif kepada Islam dan muslimin. Seperti musuh bisa tewas, untuk membuka pintu kepada tentara Islam, ingin membakar semangat orang Islam atau menunjukkan kepada musuh bahwa Orang Islam rela mati demi agamanya dll.
Referensi:
-- Abu Abdillah al-Qorthubi, Al-jami' fi Ahkam al-Qur'an : 2/363-364
-- Tafsir Fakhr al-Rozi : 1/148-149
Ta'bir:
قال ابن خويز منداد : فأما ان يحمل الرجل على مائة او على جملة العسكر او جماعة اللصوص والمحاربين والخوارج فذلك حالتان: ان علم او غلب على ظنه ان سيقتل من حمل عليه وينجو فحسن وكذالك لو علم وغلب على ظنه ان يقتل ولكن سينكى نكاية او سيبلى اويؤثر اثرا ينتفع به المسلمون فجائز ايضا.
وقال محمد ابن الحسن لو حمل رجل واحد على الف رجل من المشركين وهو وحده لم يكن بذالك بأس اذا كان يطمع في نجاة او نكاية في العدو الى ان قال- فإن كان قصده تجرئة المسلمين عليهم حتى يصنعوا مثل صنعيه فلا يبعد جوازه ولان فيه منفعة للمسلمين . واذا كان قصده ارهاب العدو او وليعلم صلابة المسلمين في الدين فلا يبعد جوازه واذا كان فيه نفع للمسلين فتلفت نفسه لإعزاز دين الله وتوهين الكفر فهو المقام الشريف الذي مدح الله به المؤمين في قوله تعالى "ان الله اشترى من المؤمنين انفسهم" الاية الى غيرها من ايات المدح التي مدح الله بهامن بذل نفسه . (الجامع لاحكام القرأن/361-362)
(وثانيهما) المراد من قوله "ولاتلقوا بأيديكم الى التهلكة" أي لا تقتحموا في الحرب بحيث لا ترجون النفع, ولا يكون لكم فيه الا قتل انفسكم فإن ذلك لا يحل . (تفسير فخر الرازي/149)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar