Minggu, 04 Juli 2010

Bahtsul Masail 32 (Memakan Makanan Haram dengan Tidak Sengaja)

Memakan Makanan Haram dengan Tidak Sengaja

Tanya:

Apakah hukumnya apabila kita makan makanan yang haram atau shubhat secara tidak sengaja?

Jawab:

Adalah tidak berdosa jika kita memakai sesuatu tanpa menyadari bahwa ia adalah haram, karena Allah sekali-kali tidak mau membebankan hamba-Nya atau menyiksanya bagi orang yang terDasarp atau terlupa. Sebagaimana dinyatakan oleh Rasulullah SAW: "Sesungguhnya umatku tidak akan ditulis kesalahannya hanya karena terlupa ". Namun begitu kita tetap dituntut untuk senantiasa dalam keadaan berhati-hati dalam menikmati makanan, karena makanan yang mengandung benda yang haram atau cara memperolehnya dengan cara yang haram dapat menutup pintu hati.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,

    bagaimana kalo kasus nya seperti ini:
    - kemarin siang d kantor saya ada jamuan makan2, *kebetulan menu yg saya makan itu bakmie, nah saya tanya sama si mbak2 yg d stand bakmie nya itu.. "kuah ny kuah apa?" si mbak nya jawab "kuah ayam"

    tapi bsok pagi nya saya dape tkabar dari temen2 yg muslim d kantor saya.. katanya itu kuah nya kuah babi :( gimana itu ya?
    saya pas mau makan aja agak ragu.. cuma karena udah duduk bareng2 jadi saya makan..
    (gak enak kl saya ambil makanannya terus saya gak makan gitu)

    BalasHapus